home about

Senin, 05 Desember 2011

CERPEN

KAMI  PERGI
Dua  sahabat  yang   paling  aku  cinta.  Dua  sahabatku  yang  akan  selalu  ada,  dalam  dunia  nyata,  dan  dunia  khayalku. Hingga  usiaku  menginjak  10tahun.  Merekalah  yang  selalu  ada,  mengukir  senyum, memberikan  hiasan-hiasan  untuk  mimpi-mimpi  indahku.
Tapi  perpisahan  7tahun  lalu membuat  aku  dan  mereka  berpisah.  Perpisahan  yang  paling  dramatis  dalam  hidupku.
Aldi  dan  dina  memberikan  kenangan  yang  paling  indah.  Dan  akan  selalu  lekat  dalam   ingatanku  hingga   aku   menghembuskan  nafas  yang   terakhir  kalinya.
                       
“Nay,  kami  yakin,  kamu  akan  kembali  untuk  menemui  kami”.  Dan  aku  berjanji  akan  menemui  kalian. Itu  janjiku  7tahun  lalu  diusia  10tahun.
                       
Maafkan  aku, sahabat-sahabat  kecilku.  Karena  hingga  saat  ini,  hingga  aku  berusia  17tahun, aku  belum  bisa  memenuhi  janjiku.
._._._._._._._._._._. ^_^ ._._._._._._._._._._.
Untuk  sahabat-sahabat  kecilku  yang  selalu  aku  rindu.
Tahukah  kalian… saat  aku  berada  dilingkungan  baru, berada  disekolah  baru.  Dan  berada  di satu  ruangan  yang  tak  satupun  manusia  didalamnya  yang  aku  kenal,  aku  merasa  menjadi  alienasi. Makhluk  yang  terasing,  dan  merindukan  sosok-sosok  kalian. Dan  saat  sepi,  aku tersadar…
Bahwa  kalian  yang  aku  butuhkan.
Hingga  saat  ini,  hingga  aku  lelah  mencari  dan  kubuat  kesimpulan,
Hanya  kalian  sahabat  terbaik  yang  dikirim  Tuhan  untukku.
Kenapa  kondisi  fisikku  harus  lemah?.  Andai  aku  selalu  sehat  dan  ceria  seperti  mereka  yang  diluar  sana,  mungkin  kita  akan  selalu  bersama  dan  tidak  ada  perpisahan  seprti  7tahun  yang  lalu.
._._._._._._._._._._. ^_^ ._._._._._._._._._._.
Awalnya,  kupikir  itu  hanyalah  bunga  tidur  yang  numpang  lewat.  Hanya  manifestasi  dari  rasa  rindu  pada  sahabat-sahabat  kecilku. Tapi  mimpi  yang  sama selalu  datang  selama  1tahun  terakhir  ini.
Apa  yang  terjadi?
Kenapa  kalian  melambaikan  tangan  seolah  mengucap  selamat  tinggal?
Hmm,,  Mungkin  karena  aku  terlalu  merindukan  mereka.  karena aku terlalu  mengharapkan  kehadiran  mereka.
._._._._._._._._._._. ^_^ ._._._._._._._._._._.
Begitu  nyata  yang  aku  rasa.  Wajah-wajah  kecil  itu  tersenyum  padaku…
Baju  putih  indah  yang  mereka  pakai,  menambah  kesan  lembut diraut  polos  Aldi  dan  Dina.  Tapi  aku  tidak  mengerti.  Dimana  kami  saat  ini?
Hanya  kabut  yang  ada  disekeliling  kami.  Dan  lagi-lagi,  mereka  melambaikan  tangan  padaku.  Semakin  lama  semakin  menghilang  dan  akhirnya  aku  terbangun  dari  mimpi ditengah  malam.
Itu  semua  hanya  mimpi.  Dan  tidak  ada  hal  yang  perlu  diresahkan  dari  datangnya  mimpi.
Tapi  perasaanku  semakin  gelisah.  Ada sesuatu  yang  membingungkan.  Tapi apa?
Aku  semakin  pusing  memikirkan  hal  rumit  ini.  Semuanya  berputar-putar.
Kepalaku  sakit,  sakiiiit  sekali…
Aku  pegangi  kepalaku,  dan  memijitnya  keras.  Tapi  aku  tetap  merasa  sakit.
Kuturunkan  tanganku,  dan  aku  terkejut  dengan  kehadiran  sejumlah  rambut  rontok  ditelapak  tanganku. Aku menangis  dan  mengeluh.
Aku  harus  bisa  menerima  kenyataan.  Ini  jalan  hidup  yang  dipilihkan  Tuhan  untukku…  Dan  aku  kehilangan  kesadaranku.
._._._._._._._._._._. ^_^ ._._._._._._._._._._.
Aku  buka  mataku  pelan,  dan  kutemukan  diriku  diruang  putih.  Apa ini  bagian  dari  mimpi-mimpiku?
Mungkin  tidak..  Jarum-jarum  infus  yang  menusuk  disetiap  tanganku  cukup  nyata  untuk  meyakinkan  aku,  bahwa  ini  bukan  maya.  Ditambah  dengan  kehadiran  suster  shift  yang  bersikap  siap  disampingku.
“Naya”,  ibu  menyebut  namaku.  Beliau  bersama  ayah  dan  seorang  dokter.  Aku  berusaha  bangun, tapi  suara  ayah  melarangku. “jangan  bangun  dulu  nak”.  Ucapan  ayah begitu  lembut  dan  penuh  simpati.
Aku  bisa  menebak,  apa  yang  ada  dalam  pikiran  raut  itu.  Mereka  sedih,  mereka  terpukul.  Tapi  mereka  berusaha  tegar  didepanku.
Ayah,  Ibu
Aku  tau  apa  yang  ayah  dan  ibu  risaukan  selama  ini  telah  benar-benar  terjadi.
Maaf  ayah,  ibu
Naya  hanya  bisa  tersenyum  dengan  air  mata.
Ibu  menghampiriku  dan  mengusap  air  mataku.  Dan  satu  kalimat  yang  selalu  diucapkannnya, “Naya  pasti  sembuh”.
“Permisi”  sebuah  suara  muncul  di pintu…   Adit???
Adit,  teman  sekolahku  di SMA  saat  ini.  Dan  diikuti  teman-teman  lain  dibelakangnya.  Mereka  menjengukku.
Adit,  teman  sekelas  yang  paling  membuat  aku  terkesan.  Dia  baik,  murah  senyum,  dan  aku  menyukainya.  Tidak  kusangka,  dia  juga  menyukaiku.  Tapi  aku  mengerti,  berita  buruk  akan  segera  datang.  Dan  saat  inilah  berita  buruk  itu  benar-benar  terjadi.
Maaf  Adit,  aku  berkata “tidak”  saat  itu.
._._._._._._._._._._. ^_^ ._._._._._._._._._._.
Malam  ini,  sosok  Aldi  dan  Dina  muncul  lagi.  Mereka  tersenyum.  Aku  terbangun..  Dan  aku  sendiri  diruang  ini.
Aku  ingin  bangun,  ingin  pergi  dari  tempat  ini..  lama-lama,  ruangan  ini  membuat  aku  takut.
Kulepas  jarum-jarum  yang  lekat  disetiap  kulitku.  Aku  berdiri,  melangkah  keluar  ruangan  tanpa  menghiraukan  rasa  sakit  ini.  Tidak  jauh  dari  ruangan  tadi,  ada  sebuah  ruangan  khusus  konsultasi  dokter.  Dari  celah  kaca  dipintunya,  aku  lihat  ayah  dan  ibu  tengah  ngobrol  bersama  dokter  itu.  Suasana  cukup  sepi,  dan  suara  ketiganya  jelas  kudengar  dari  luar  ruangan.
“Leukimia  Naya  sudah  stadium  akhir”.
Kalimat  itu  yang  paling  jelas  kudengar.  Kalimat  yang  paling  aku  takutkan  sejak  tujuh  tahun  lalu,  yang  mengharuskan  aku  pindah  ke kota  ini.
Aku  harus  berpisah  dengan  Aldi  dan  Dina  demi  proses  penanganan  penyakit  sial  ini.  Dengan  satu  alasan  logis,  karena  peralatan  medis  yang  disediakan  di  Rumah  Sakit  di  kota  ini  jauh  lebih  menunjang  daripada  yang  ada  di desa,  tempat  tinggalku  bersama  dua  sahabatku.
Sepertinya  kehadiranku  mulai  disadari  oleh  ayah  dan  ibu.  Mereka  menghampiriku,  dan  ibu  memelukku  erat.
“Naya  ngapain  disini?”  ibu  bertanya  dengan  nada  sedihnya.
“Bu,  mungkin  ini  permintaan  terakhir  Naya,,  Naya  pengen  ketemu  Aldi  dan  Dina”
Mungkin  ayah  dan  ibu  kurang  menyetujui  permintaanku.  Tapi,  aku  pastikan  besok  aku  pasti  berangkat.
._._._._._._._._._._. ^_^ ._._._._._._._._._._.
Hari  ini  persiapan  singkatku  menuju  tempat  tinggal  Aldi  dan  Dina.  Bagiku,  Sahabat  adalah  komponen  penting  dalam  hidupku.
Perjalanan  dengan  pesawat  pasti  akan  lebih  cepat  mempertemukan  aku  dengan  sahabat-sahabatku.  Dan  selanjutnya,  untuk  menuju  ke  sebuah  desa  terpencil,  perjalanan  dengan  mobil  harus  kutempuh  selama  5jam.
Dan  sekarang,  moment  yang  aku  tunggu-tunggu  selama  7tahun  terakhir.  Aku  akan  segera  menemui  sahabat-sahabat  kecilku.
Aku  baru  saja  memasuki  daerah  desa  ini.  Desa  yang  selalu  aku  rindukan.  Suasana  yang  tenang,  asri,  dan  menyimpan banyak  kenangan  bagiku.
Disinilah  tempatku  lahir.  Dan  disini,  pertama  kalinya  aku  menghirup  O2.  Dan  aku  melihatnya…
Aku  melihat  rumah  dua  sahabat  kecilku.  Aldi  dan  Dina.  Tentu  dua  sahabatku  itu  bertambah  dewasa  sekarang.  Aku  ingin  melihat  dua  sosok  yang  menjelma  remaja  saat  ini.  Dua  kakak  beradik  itu  pasti  terlihat  lebih  manis  diusia  remajanya.
Aku  bisa  menebak,  Aldi  pasti  jauh  lebih  tinggi  daripada  aku,  dan Dina,  adik  Aldi,  senyumnya  pasti  manis  sekali.
Dulu  Aldi  dan  Dina  sering  bermain  denganku.  Semoga  saat  inipun,  Aldi  dan  Dina  masih  mengingat  raut  wajahku.
Aku  berdebar-debar.  Entah  senang,  entah  nervous.  Perasaan  yang  muncul  ini  persis  rasa  yang  aku  alami  dulu  saat  pertama  melihat  Adit.  –First  Boy-  yang membuat  aku  salting  didepannya.
Tapi disisi  lain,  aku  seperti  melihat  sesuatu  yang  gelap  dari  rumah  ini.
Hmm,,,  Mungkin  hanya  perasaan  negatifku  karena  sudah  lama  tidak  mengunjungi  rumah  ini.
“Ayah  sudah  persiapkan  kursi  roda  kalau  Naya  mau  turun”
“Nggak  usah yah,  Naya  pengen  jalan  sendiri”  Ujarku  semangat  walau  dalam  keadaan  pucat  dan  lemas.
Aku  turun  dari  mobil.  Dengan  hati-hati,  ibu  memapahku  supaya  tidak  jatuh.
Tuhan….  Sebegitu  rapuhkah  aku?
Aku  ketuk  pintu  itu  pelan-pelan.  Tidak  lama,  pintu  terbuka.  Dan  aku  yakin  untuk  mengucapkan   “Bibi  Anita?!”
“Naya?!”  ujarnya  ragu.  “ini Naya?”
Aku  menganggguk  pelan.
Tapi  hingga  saat   ini,  yang  kulihat  hanya bibi  Anita,  disusul  paman  Andi  dibelakangnya.  Dimana  dua  sahabat  kecilku?.  Emm,  mungkin  mereka  sedang  mengaji,  seperti  yang  mereka  lakukan  7tahun  yang  lalu,  disetiap  sore.  Pasti  mereka  sedang  disurau.
“Bi,  Aldi  dan  Dina  kemana?”  Bibi  Anita  yang  sedang  membelai  rambutku  pelan,  tiba-tiba  terdiam.  Senyumnya  mulai  berkurang.  Semoga  ini  bukan  berita  buruk.
“Maafkan  bibi,  karena  tidak  pernah  mengabari  keluargamu,  tentang  apa  yang  terjadi  di desa  ini”.
Ya,  aku  tau,  dan  aku  bisa  memakluminya.  Karena  memang,  sejak  kami  pindah  ke kota,  sejak  7tahun  lalu,  kami  tidak  berkomunikasi  sama  sekali.  Lost  contact.  Bahkan  walau  lewat  surat  sekalipun.
            Paman  Andi  mulai  berbicara,  karena  bibi  yang  aku  Tanya  tiba-tiba  menangis,  dan  memelukku  erat.
“Setahun  yang lalu,  waktu  Aldi  dan  Dina  akan  berangkat sekolah,  angkot  yang  membawa  mereka  mengalami  kecelakaan.  Aldi  dan  Dina  duduk  di jok  paling  depan.  Dan  mereka  tidak  bisa  diselamatkan”.
            Ini  bukan  hanya  berita  buruk,  tapi  juga  akhir  dari  sebuah  penantian  panjang seorang  sahabat.  Akhir  dari  harapan  yang  membuat  aku  bertahan  hingga  saat  ini.  Sekarang,  semuanya  sudah  berakhir.
            Tetesan  air mata bibi,  mengalir  pelan  dibahuku.  Tangannya  tetap  membelaiku  dalam  peluknya.  Perlahan-lahan,  Beliau  mulai  melepas  peluknya.  Dan  aku  bisa  melihat  ekspresi  terkejutnya  saat  melihat  helai-helai  rambutku  yang  berada  di genggamnya.
            Aku  tau,  pandangan  bingungnya.  Aku  semakin  sedih,  melihat  tatapan  bibi  yang  memandangku  lemah.  Tapi  yang  membuatku  pusing  saat  ini  bukan  masalah  bibi.  Tapi,  dua  sahabatku  yang  pergi.  Kenapa  mereka  tidak  membiarkan  aku  sendiri?,  kenapa  mereka  tidak  meninggalkan  setetes  kebeningan  untuk  menyejukkan sepiku?
            Dua  sahabat  yang  selalu  menemaniku  dari  dulu  hingga  saat  ini.  Walau  hanya  dalam  mimpi.  Aku  kesal,  sedih,  kecewa…  Hingga  rasa  sakit  itu  datang  lagi.  Hingga  aku  kehilangan  kesadaranku  untuk  yang  kesekian  kalinya.
._._._._._._._._._._. ^_^ ._._._._._._._._._._.
            Aldi, Dina,  kalianh  pergi  kemana?.  Apa  kalian  damai  ditempat  itu?.  Aku  sedih,  aku  terluka.  Karena  kalian  pergi  tanpa  aku  tau.  Mengapa  Tuhan  tidak  mengizinkan  aku  untuk  menyapa  kalian,  walau  hanya  dalam  lamunan  dan  mimpiku?.  Aku  piker,  kalian  pergi  tanpa  kata,  dan  itu  hanya  terjadi  dalam  mimpiku-mimpiku.  Tapi  sekarang  aku  tau,  mimpi  itu  menjadi  nyata.
._._._._._._._._._._. ^_^ ._._._._._._._._._._.
            Sesuatu  yang  lembut  menyentuh  pipiku.  Dan  aku  membuka  mataku  perlahan.  Adit….
            Dia  ada  disamping  pembaringanku.  Dia  menghapus  air  mataku  yang  menetes  saat  aku  tak  tersadar.  Mungkin  ini  bagian  dari  mimpiku!.  Mustahil  ada  Adit  disini,  ditempat  yang  jauh  dari  kota  tempatku  tinggal.  Tapi  sepertinya  ini  nyata…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar